Fakta menarik tentang bahasa inggris

  
    Tahukah kamu kalau Bahasa Inggris menempati posisi kedua dalam hal bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Yap, meskipun bahasa Mandarin menjadi bahasa yang digunakan oleh ratusan juta orang di berbagai belahan dunia, setelah bahasa Mandarin, tetapi bahasa Inggris masih juara kok sebagai bahasa penutur resmi paling banyak digunakan. Fakta menyebutkan bahwa hampir 53 negara dan 10 organisasi dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Kira-kira, ada hal menarik apa sih dari bahasa Inggris yang bisa kamu ketahui?
     Fakta pertama: Dari semua bahasa di dunia, bahasa Inggris memiliki kosa kata terbanyak di dunia. Menurut tim riset gabungan peneliti Harvard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia itu mencapai 8.500 kata per tahunnya. Kini jumlah total telah mencapai 1.022.000 kata. Jadi bukan rahasia umum lagi kalau kamu cukup mengalami kesulitan untuk menghafal vocabulary. Nah, kalau kamu memang benar-benar berniat untuk membuat bahasa Inggrismu sedemikian fasih, jangan lupa bawa kamus kemana-mana, ya! Sekarang kan sudah ada aplikasi kamus yang sudah siap menemani.
     Fakta kedua: Bahasa inggris memiliki sinonim (persamaan kata) terbanyak di dunia. Kalau kamu nonton film, browsing beberapa puisi di situs online, atau mendengar lagu (yang paling mudah ditemukan yaitu pada lagu rap), kamu bisa menemukan satu kata dengan arti yang sama. Don’t forget to make a note! :)
    Fakta ketiga Bahasa Inggris menjadi bahasa dengan kosa kata paling banyak diserap di dunia. Contohlah kata dalam bahasa Inggris yang menjadi kata serapan bahasa Indonesia misalnya : visualization – visualisasi, education – edukasi, technology – teknologi, atau kata serapan diambil secara utuh dari bahasa Inggris seperti video, data, unit, dan masih banyak contoh lainnya.
     Fakta keempat: Penggunaan huruf.
  1. Huruf yang paling banyak dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Tahukah kamu bahwa huruf ‘e’ digunakan hampir di setiap kata bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse! Huruf ‘e’ juga tergolong huruf vokal yang paling sering digunakan, menyusul kemudian huruf ‘a’.
  2. Untuk alfabet konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.
  3. Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘q’ – bukan ‘z’ atau ‘x’.
  4. Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris jika diurutkan adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.
  5. Hampir setengah dari seluruh kata bahasa Inggris diakhiri oleh huruf ‘e’, ‘t’, ‘d’ dan ‘s’.
   Fakta kelima : Kata dalam bahasa Inggris
  1. Dreamt (bermimpi) adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’, yang merupakan ejaan lain ‘dreamed’.
  2. Jika kamu mencoba mengetik pada baris atas tombol keyboard (baris di tombol QWERTY), Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat di ketik.
  3. Kamu tahu nggak kata apa yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris? Weleh-weleh, ternyata kata The adalah kata yang paling sering digunakan loh! Emang deh, kalau belajar bahasa Inggris tanpa kata The itu rasanya makan sayur tanpa garam! Hayo, ini ada tantangan untuk yang sudah merasa mahir berbicara. Bisa nggak kamu berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata ‘the’. Bisa? Yang belum bisa LEC Bali beri voucher gratis untuk tes kemampuanmu 😉
  4. Kata terpanjang dengan 1 huruf vokal adalah ‘strengths’ (kekuatan), terdiri atas 9 huruf.
  5. Kata yang paling banyak digunakan dalam percakapan adalah ‘I’.
  6. Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’ dan keseluruhannya merupakan golongan kata sifat, yaitu: tremendous (amat sangat baik, dahsyat), horrendous (sangat buruk), stupendous (mengagumkan/menakjubkan) dan hazardous (berbahaya).
  7. Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: abstemious (hemat menjurus ke pelit, bisa juga artinya bebas dari minuman keras) dan facetious (mencoba untuk berkelakar/melucu tetapi dengan cara yang sarkastis).
Contoh:
A: We only had a bottle.
B: Very abstemious of you.
atau kalimat berikut:
The monks here have willingly chosen this abstemious life.
  1. Kata bookkeeper yang artinya pemegang buku, penata buku, bagian pembukuan serta kata berimbuhannya bookkeeping, menjadi satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang memiliki tiga huruf ganda (double letter) berturut-turut tanpa tanda pemisah. Kata lainnya seperti “sweet-toothed” (suka yang manis-manis) perlu diberi tanda pemisah “-“ agar dapat dibaca sebagai kata yang tepat ejaannya.
  2. Invisibility (kemampuan untuk tidak terlihat) merupakan kata yang memiliki 1 buah vokal dimana huruf ‘i’ yang menjadi vokal dalam kata tersebut diulang sebanyak 5 kali.
  3. Kata Queue (antrian) adalah satu-satunya kata yang pengucapannya masih sama meskipun empat huruf terakhirnya dihilangkan. Bacanya ya tetap ‘kyu’ seperti membaca alfabet Q dalam bahasa Inggris.
  4. Hanya tiga kata yang diakhiri dengan CEED, yaitu proceed, exceed dan succeed.
  5. Kata terbanyak yang memiliki paling banyak arti adalah kata set.
  6. Satu-satunya angka dimana jumlah hurufnya sama dengan angkanya adalah four. (dan… pasti kamu diam-diam sedang menghitung, lalu mengiyakan!)
  7. Kata terpanjang yang tidak memiliki huruf vocal sama sekali adalah rhytms.
  8. Kata yang paling pendek dalam bahasa Inggris adalah kata go yang hampir kalian ucapkan setiap hari untuk daily conversation.
  9. Kata paling pendek dalam bahasa Inggris yg mngandung kelima huruf vokal adalah eunoia artinya pemikiran yang bagus atau keadaan kesehatan mental yang normal.
  10. Kata Underground adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang berawal dan berakhir dengan huruf und. Coba cari lagi, ada yang lain nggak?
  11. Kata Verb yang artinya kata kerja dalam bahasa Inggris sesungguhnya adalah sebuah noun/ kata benda. Bingung ya? Hihihi.
  12. Kata tertua dalam bahasa Inggris yang hingga saat ini masih digunakan adalah town.
  13. Hanya ada 2 kata yang berakhiran -gry dalam bahasa Inggris, yaitu hungry (lapar) dan angry (marah).
  14. Ada kata dalam bahasa Inggris yang terbentuk dari gabungan suku kata dari dua kata berbeda. Kata yang seperti ini disebut “blend” (atau sekarang lebih dikenal dengan “portmanteau word“). Terdapat banyak kata jenis ini dalam bahasa Inggris. Contohnya “brunch” (breakfast + lunch); “motel” (motorcar + hotel); and “guesstimate” (guess + estimate). Perlu diingat bahwa “blend” berbeda dengan “compound” atau “compound noun”, yang merupakan kata bentukan dari dua kata (keseluruhan kata) seperti: “website” (web+site), “blackboard” (black+board), dan “darkroom” (dark+room).
  15. Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis (pneu-mono-ultra-microscopic-silico-volcano-coniosis) yang berarti sebuah penyakit paru-paru yang disebabkan karena terhisapnya debu yang sangat halus, yang kebanyakan ditemukan di daerah gunung berapi adalah kata terpanjang yang masuk dalam kamus bahasa Inggris Oxford pada 1936 dan dicetuskan oleh Everett M. Smith. Meskipun saya eja secara terpisah, tetapi kata ini tetaplah sebuah kata yang tidak bisa dipisah penulisannya.
Fakta keenam: Kalimat
  1. Kamu pasti tidak asing lagi dengan kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog”? Yap, kalimat ini sering digunakan untuk menampilkan contoh tampilan font di komputer. Kalimat ini mengandung ke-26 huruf dari alfabet yang disebut juga pangram.
  2. Kalimat sempurna yang paling singkat dalam bahasa Inggris adalah “I am.”
  3. “The sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick” merupakan kalimat yang paling sulit diucapkan dalam bahasa Inggris. Wanna try?
P.S. : Dikutip dari berbagai sumber.
Previous
Next Post »